Thursday, December 3, 2015

Pernah Bermain Kuis Vonvon di FB (Facebook) ? inilah Bahayanya Yang Perlu Kamu Ketahui !

Kuis Vonvon di FB (Facebook)

Fitur Facebook - Semakin perkembangan zaman, tentunya segala sesuatu pasti ikut merasakan perkembangan tersebut juga. Tidak ketinggalan pula yang dilakukan oleh pihak FB (Facebook), meski bukan jejaring sosial baru lagi, namun FB (Facebook) meremajakannya lagi dengan cara menghadirkan berbagai fitur terbaru ataupun aplikasi terbaru didalamnya agar aktifitas bermain FB bisa semakin seru lagi.

Pernah mendengar kuis Vonvon ? apakah kamu pernah memainkannya ? bagi kamu yang suka bermain FB saat ini, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar kuis Von von tersebut. Yup kuis Vonvon merupakan salah satu permainan yang ada di dalam jejaring sosial FB (Facebook) yang memiliki pertanyaan- pertanyan konyol seperti "berapa lama anda akan menjomblo ?" atau "bagaimana ketika tuhan menciptakan saya ?" yang jawabanya bisa bikin ngakak.

Pernah Bermain Kuis Vonvon di FB (Facebook) ? inilah Bahayanya Yang Perlu Kamu Ketahui !


Tentunya hal tersebut sangat menarik untuk seru-seruan, apalagi tau bagaimana jawaban yang diberikan oleh kuis Vonvon pada akun FB teman kamu, meskipun jawabannya tidak akurat ataupun asal-asalan, paling tidak adanya fitur tersebut di dalam FB (Facebook) bisa memberikan pengalaman menarik sendiri ketika bermain Facebook.

Namun tahukah kamu, dibalik keseruan bermain kuis Vonvon tersebut dikhawatirkan telah melanggar berbagai privasi pengguna yang kemungkinan dan berpotensi berbahaya ??

Bahaya Bermain Vonvon di Facebook

Disinyalir, data yang diminta oleh kuis Vonvon tersebut telah melanggar privasi penggunanya, karena melebihi hal dasar yang dibutuhkan oleh sebuah kuis.

Secara rinci dijelaskan, ketika kamu ingin memainkan kuis tersebut, pihak Vonvon meminta beberapa data pribadi kamu seperti info publik, seluruh isi timeline, mriwayat pendidikan, seluruh daftar teman, kota kelahiran serta tepat tinggaal, hingga alamat IP penggunannya.

Terkait hal itu, president dari Vonvon yakni David Hahn akhirnya angkat bicara, dia menjelaskan mengapai kuis Vonvon meminta semua data penggunannya dikarenakan untuk memudahkan pengguna nantinya.

Menurut asumsi dari pihak Vonvon, ada banyak kuis yang dimainkan dan akan banyak pengguna yang berkunjung per hari. Maka menurut mereka, data yang sudah diberikan sejak awal akan mempermudah kerja dari Vonvon sehingga tidak perlu meminta data lagi setiap ada pengguna yang berkunjung.

David Hahn juga menegaskan bahwa perusahaan mereka tidak mampu menyimpan data pengguna kuis Vonvon yang jumlahnya sangatlah banyak.

Mereka berdalih, apabila ketika pengguna FB (Facebook) sedang erinteraksi atau memainkan konten dari Vonvon, informasi yang diberikan pengguna tetap berada di server Facebook. Bahkan staff Technologist Electronic Frontier Group yakni Jeremy Gillula juga mendukung klaim dair David Hahn tersebut.

Pria ini juga berpendapat jika Vonvon sangat berhati-hati dalam emeperlakukan data dari para penggunannya, namun diharapkan juga jika pengguna juga tetap waspada dengan informasi yang telah diberikan.

Menurutnya, kebanyakan game hasil karya mereka semuanya menggunakan JavaScript, sehingga data yang dibutuhkan oleh pihak Vonvon tetap diurai dalam komputer milik pengguna, dan tidak tertarik ke dalam cloud. Namun hal tersebut bukan berati jika pihak Vonvon benar-benar tidak mengambil data penggunannya.
Baca Juga : http://www.newsth.com/bintang/

Dan kali ini, permainan "Most Used Words" besutan dari Vonvon telah dirubah ketentuannya, aplikasi tersebut tidak lagi meminta data secara detail, melainkan hanya informasi publik, daftar teman, serta timeline saja. Anda juga tetap memainkannya dengan hanya mmeberikan informasi publik saja dan menolak akses menuju timeline serta dafatar teman anda.


Hal tersebut dimaksudkan agar pengguna aplikasi Vonvon bisa  nyaman tanpa ada rasa khawatir yang berlebihan ketika memainkkanya di dalam jejaring sosial FB (Facebook).

No comments:

Post a Comment