Tuesday, February 16, 2016

Presiden Jokowi Gembira Pantau Pembangunan Jalan Tol Trans – Sumatera di Lampung



Presiden Jokowi Senang Melihat Perkembangan Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera


Berita Jokowi TerbaruPresidenJokowi belum lama ini berkunjung kembali ke pulau Sumatera untuk menengok langsung perkembangan pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera ( JTTS ). Presiden Jokowi tepatnya mengunjungi ruas Jalan Bakauheni Terbanggi Besar – Lampung.

Dalam kunjungannya tersebut Presiden Jokowi merasa gembira, pasalnya Presiden Jokowi menilai proses pembangunan proyek Jalan Tol – Trans Sumatera lebih cepat dari yang ia bayangkan.

"Pengerjaan Tol Trans-Sumatera di Lampung, khususnya di Desa Sabahbalau, paling cepat disusul daerah lainnya seperti di Sulawesi sehingga saya terus memantau perkembangannya," tutur Presiden Jokowi ketika berkunjung di Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis (11/2/2016)

Presiden Jokowi menngungkapkan bahwa pengerjaan proyek pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera di Lampung cukup baik dan pengerjaannya hingga sekarang sudah mencapai beberapa kilometer pada daurah Lampung.

Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Lampung ditemani oleh beberapa pejabat negara dan pejabat daerah seperti Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Masyarakat Basuki Hadimuljono, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, serta sejumlah pejabat lainnya yang juga telah beberapakali menemai Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Lampung.

“Saya memantau perkembangan jalan tol sumatera untuk yang ketiga kalinya ini di Desa Sebahbalau” kata Presiden Jokowi.

Sementara untuk anggaran dana yang dibutuhkan dalam pengerjaan pembangunan Jalan Tol – Trans Sumatera ini pemerintah sudah menggelontorkan dana sekitar Rp. 1.2 Triliun guna pembebasan lahan yang dilalui jalur Jalan Tol – Trans di Lampung.

"Pak Gubernur Lampung telah meminta kepada saya untuk mempercepat proses pencairan dana untuk lahan pembangunan jalan tol tersebut," imbuh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa sebagian ruas jalan tol – trans sumatera ini sedianya juga sudah dapat diujicobakan untuk dilalui kendaraan pada arus mudik lebaran idul fitri tahun ini. Namun kendaraan yang boleh melauinya hanya kendaraan pribadi saja, bukan kendaraan truk angkut ataupun bis.

Jalur yang direncanakan akan dapat digunakan pada arus mudik lebaran mendatang ialah jalur Tol sepanjang sepanjang 7 kilometer yang melalui jalan Ir Sutami sampai dengan Kota Baru, Lampung Selatan. Atau sebaliknya jalur dari Kotabaru menuju jalan IR Sutami.

Manajer Enginer PT Waskita Karya, Marsesa Edward mengatakan, "Bulan Maret 2016 target gerbang tol selesai sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi macet pada arus mudik mendatang. Kami akan membuka gerbang tol di dua lokasi itu,”

Manajer Enginer PT Waskita Karya juga menyebutkan bahwa pihaknya sampai dengan saat ini sudah rampungkan jalan tol sepanjang 4 kilometer dari total 5 kilometer lahan yang sudah selesai dibebaskan pemerintah.

Selain hal itu Manager Enginer PT Waskita Jaya juga menyebutkan bahwa target penggunaan jalan Tol – Trans Sumatera dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai yang telah direncanakan pihaknya harus mampu mengerjakan jalan Tol sepanjang 200 – 300 meter dalam seharinya.

Namun dalam pengerjaan jalan Tol – Trans Sumatera ini pihak PT Waskita Jaya mengeluhkan akan masalah pembebasan lahan yang lamban dari pihak pemerintah. Seperti penuturannya, "Permasalahannya lahan yang belum dibebaskan, kami baru mengerjakan 4 km dari 5 km lahan yang telah dibebaskan,"

Oleh karena itu pihak PT Waskita Jaya mengharapkan kerjsama yang bagus antara pemerintah pusat khususnya Presiden Jokowi, dan pemerintah daerah untuk dapat menyelesaikan masalah pembebasan lahan dengan lebih cepat guna kelancaran pmbangunan Jalan Tol – Trans Sumatera.

Simak Juga Berita Jokowi Blusukan :
http://smeaker.com/nasional/8043/berita-hari-ini-lantaran-ada-anak-pedalaman-berdialog-dengan-jokowi-fb-makin-heboh/

No comments:

Post a Comment